SMA Negeri 1 Widodaren

Jl. Dr. Radjiman No.30

Berprestasi, Berbudi Pekerti Luhur, Beriman dan Bertaqwa

Kunjungan Internasional dari Jepang dan Amerika Serikat

Sabtu, 02 Februari 2019 ~ Oleh admin2 ~ Dilihat 100 Kali

Pada hari Kamis, 3/5/2018, SMAN 1 WIDODAREN mendapat tiga tamu asing yaitu Mr. Kiyoshi Abe dan Mrs. Masako Abe (Jepang) dan Miss Daily Spangler. Keluarga Abe adalah keluarga angkat dari guru bahasa Inggris SMASADA, Bpk. Puthut Prehantoro  (lebih biasa dipanggil Mr. Phoe) saat beliau kuliah di Jepang tahun 2012 – 2014 lalu. Sedangkan Daily adalah rekan satu kelas seminar dari Mr. Phoe di Hokkaido University of Education, Asahikawa, Hokkaido. Kunjungan ini sebenarnya adalah kunjungan kekeluargaan saja, namun, sambil menyelam minum air, diadakanlah kegiatan kebahasaan di SMASADA kebetulan waktu yang cocok adalah jam ke 7-8 di kelas X IPA 3.Keluarga Abe dan Miss Daily tiba. Mereka disambut oleh bodyguard (Rizky & Dhani) yang mengenakan jas hitam & kacamata hitam. Setelah beramah tamah bersama Kasek SMASADA di ruang Kasek sebentar , para tamu langsung menuju ruang kelas X IPA 3 yang sudah disulap menjadi aula mini. Para peserta pun bukan cuma dari kelas X IPA 3 saja, tapi dari kelas lain yang kebetulan jam kosong pun ikut serta.

Acara dibuka oleh lagu Nada Sousou yang dibawakan oleh Cindy dari kelas X IPA 2.  MC English Yasmine & MC Japanese Candra memimpin kegiatan. Sambutan pertama disampaikan oleh Yesika (ketua panitia) yang menyampaikan dalam Bahasa Inggris. Setelahnya, disambung dengan sambutan dari sekolah oleh Bpk. Widodo (Wakasek Humas).

Acara selanjutnya adalah selingan tari tradisional “Gambyong” yang dibawakan oleh Anjeni X IPA 3 . Dengan kostum yang sederhana, tarian itu tetap saja memikat. Setelah tari selesai, Mr. Abe dan Daily Spangler bergantian memberikan kesan-pesannya. Singkat kata, mereka sangat senang bisa berada di SMASADA.

Setelah itu, selingan selanjutnya adalah lagu “One Thousand Years” yang ditampilkan oleh Muharani X IPA 3, lalu disambung dengan tanya jawab & game tradisional Jepang “kendama”. Di sesi ini, anak yang berani bertanya pada para tamu atau mencoba bermain kendama mendapat hadiah kecil dari Jepang.

Acara di kelas selesai, para tamu pun berpindah tempat. Daily menuju aula sementara untuk mengisi seminar singkat mengenai “Manfaat Berbahasa Asing lebih dari Satu” dan keluarga Abe menuju ruang pameran seni. Rangkaian kegiatan ini selesai sekitar pukul 15.00 WIB.

Rangkaian acara ini memang berlangsung sangat sederhana, tapi tentunya amatlah berkesan bagi para tamu, dan tentunya bagi para siswa yang ikut. Dan ke depan, tamu-tamu internasional semacam ini akan menjadi agenda rutin di SMASADA.

 by: Yesika (X IPA 3)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. SUPRIADI WIDODO, M.Pd

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Salam sejahtera dan tetap semangat. Selamat datang di website SMAN 1 Widodaren Sebagai media informasi dan komunikasi…

Selengkapnya

KATEGORI