SMA Negeri 1 Widodaren

Jl. Dr. Radjiman No.30

Berprestasi, Berbudi Pekerti Luhur, Beriman dan Bertaqwa

PENERIMAAN TAMU AMBALAN (PTA) SMAN 1 WIDODAREN

Kamis, 16 Mei 2019 ~ Oleh admin2 ~ Dilihat 198 Kali

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) adalah kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan SMAN 1 Widodaren pada saat tahun ajaran baru. Tahun ini (2018) PTA dilaksanakan pada hari Jum’at-Sabtu tanggal 20-21 Juli 2018. Tempatnya berada di lapangan belakang SMAN 1 Widodaren. Kegiatan PTA dilakukan setelah MPLS (Masa Pengenalan Ligkungan Sekolah) berakhir. Jadi, setelah usai melaksanakan kegiatan MPLS, seluruh peserta didik baru juga dituntut untuk menyiapkan alat-alat yang akan dibawa saat pelaksanaan PTA, baik peralatan individu maupun kelompok. Alat-alat individu yang dibutuhkanantara lain buku saku pramuka, tali temali, tongkat, semaphore, baju olahraga, baju pramuka, selimut, jaket, alat mandi, alat sholat, sandal, dantak lupa alat tulis.

Sedangkan peralatan kelompok yang dibutuhkan diantaranya: tikar, obor, patok tenda, tiang tenda, botol aqua kosong, dsb. Setelah semua alat-alat terkumpul dan tiba pada hari H semua peserta perkemahan PTA diperintahkan untuk membawa alat-alat yang telah disiapkan ke BumiPerkemahan (Buper) dan mendirikan tenda bersama dengan kelompoknya masing-masing. Kemudian, setelah mendirikan tenda, semua peserta diperintahkan untuk mengikuti upacara pembukaan perkemahan PTA. Disaat malam tiba ternyata semua peserta sangat antusias dan saling mengobarkan semangat yang membara. Ketika mendengar akan diadakan pentas seni, ternyata tidak hanya peserta saja yang punya semangat membaranamunsemua warga yang ada disekitarnya pun juga ikut semangatsehinggamembuatmereka melihat pensidari jarak yang begitu dekat.

Setelah pensi berakhir semua peserta PTA diperintahkan agar kembali ke tenda masing-masing untuk istirahat dan tidur sejenak. Tanpa disangka, disaat dini hari ±pukul 02.00 WIB seluruh peserta dikagetkan dengan suara kakak-kakak senior yang berteriak memanggil peserta untuk segera berkumpul. Hasilnya seluruh peserta pun banyak yang terkejut, tetapi mereka tetap bergegas untuk berkumpul. Setelah semuanya berkumpul,diadakanlah renungan ±30 menitdan setelah itu diadakan Upacara Api Unggun, hingga pukul 05.00 WIB.Kemudian, setelah upacara selesai para peserta diperintahkan untuk kembali ke tenda. Pada pukul 07.00 WIB, suara kakak senior pun kembali terdengar untuk memanggil semua peserta agar segera berkumpul di Lapangan.

Ternyata akan diadakan pengembaraan mulai pukul 07.30-11.25 WIB. Semua peserta diistirahatkan sebentar dan tak lama kemudian diperintahkanuntuk membongkar tenda karena perkemahan akan segera berakhir. Pada pukul 14.00 WIB peserta diperintahkan untuk berkumpulkarena akan dibagikan reward bagi sangga (regu) yang berprestasi. Dan tak terasa acara demi acara pun telah selesai, mereka pulang dengan membawa banyak pengalaman berharga yang bisa diceritakan kepada orang tua mereka.

 

By : Olliviyani Eka Dewanty X IPA 1

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. SUPRIADI WIDODO, M.Pd

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Salam sejahtera dan tetap semangat. Selamat datang di website SMAN 1 Widodaren Sebagai media informasi dan komunikasi…

Selengkapnya

KATEGORI