SMA Negeri 1 Widodaren

Jl. Dr. Radjiman No.30

Berprestasi, Berbudi Pekerti Luhur, Beriman dan Bertaqwa

SMASADA, Wakil Provinsi Jawa Timur di Olimpiade Guru Nasional 2019

Selasa, 21 Mei 2019 ~ Oleh admin2 ~ Dilihat 170 Kali

Pada 29 April – 3 Mei 2019 lalu, salah satu guru Bahasa Inggris SMAN Widodaren mewakili Provinsi Jawa Timur dalam perhelatan Olimpiade Guru Nasional 2019 di Hotel Atlit Century Park, Senayan, Jakarta. Kegiatan ini dilakanakan oleh Direktorat KESHARLINDUNGDIKMENDIKSUS Kemendikbud RI. Total ada 135 peserta dari 9 mata pelajaran yang dilombakan (15 guru terpilih per matpel). Provinsi Jawa Timur berhasil meloloskan 14 gurunya ke babak final nasional, dan untuk Bahasa Inggris diwakili oleh guru SMASADA, Puthut Prehantoro, S.Pd., atau yang lebih akrab dipanggil Mr. Phoe.

Proses yang dilalui Mr. Phoe cukup panjang, sekitar tiga bulan. Pertama adalah pendaftaran secara online di laman Kesharlindungdikmendiksus. Setiap pendaftar harus menyertakan tulisan ilmiahnya. Tercatat ada hampir 2100 pendaftar dari seluruh Indonesia untuk tujuh matpel yang dilombakan, namun hanya 1950-an yang dinyatakan lolos ke babak selanjutnya. Peserta yang dinyatakan lolos ini kemudian mengikuti tes tulis online di ibukota provinsi masing-masing. Untuk Jawa Timur, tes diadakan di SMKN 10 Surabaya dan diikuti oleh 350-an peserta dari seluruh Jawa Timur. Dari jumlah tersebut, hanya 14 yang dinyatakan lolos ke tingkat nasional termasuk Mr. Phoe sebagai satu-satunya perwakilan untuk matpel Bahasa Inggris. Yang unik dalam seleksi tulis online ini adalah tentang aturan nilai minimal. Jadi peserta yang lolos adalah didasarkan pada nilai yang dicapai, dan bukan pada peringkatnya. Misal nilai minimal adalah 90 (sekali lagi misal) dan di matpel tersebut ada dua guru yang mendapat nilai 91 dan 92, maka dua guru tersebut berhak maju ke nasional. Begitu juga sebaliknya, jika dalam matpel tersebut nilai yang tertinggi hanya 81, maka dari provinsi tersebut tidak ada yang mewakili ke tingkat nasional.

Kegiatan lomba di Jakarta amatlah ketat dan menguras mental, pikiran juga energi yang luar biasa. Di hari pertama, ketika semua peserta masih capek-capeknya selepas menempuh penerbangan dan perjalanan panjang dari daerah masing-masing, mereka harus mengikuti tes tulis online pedagogik sejumlah 100 soal yang dikerjakan dalam 60 menit. Itupun tidak full 60 menit karena di 10 menit pertama, panitia seperti ‘sengaja mengganggu’ peserta ujian dengan instruksi dan informasi lewat pengeras suara di depan. Belum lagi jaringan internet yang kadang ngadat membuat adrenalin terpacu. Di hari kedua, para finalis mendapatkan ujian praktek. Untuk Bahasa Inggris, mata prakteknya adalah menulis esai ilmiah dengan tema yang sudah ditentukan selama 1,5 jam. Di hari ketiga, semua peserta praktek mengajar dengan murid adalah asli siswa-siswi SMA di sekitaran Senayan. Pembelajaran yang dirancang untuk 90 menit harus disampaikan dalam 15 menit.

Di hari keempat adalah hari bebas, tidak ada lagi lomba. Semua peserta OGN 2019 diundang mengikuti Upacara Hardiknas 2019 di Kemendikbud RI dengan memakai baju daerah masing-masing. Selepas upacara, semua peserta masuk kembali ke ballroom untuk mengikuti pengumuman pemenang. Alhamdulillah dari Jawa Timur masih bisa memenangkan medali perunggu untuk Bahasa Jepang, perunggu untuk Ekonomi, dan perak untuk Fisika. Setelah acara pengumuman pemenang, kegiatan dilanjutkan dengan seminar internasional yang menghadirkan dua doktor dari Manila Perpetual Help University yang merupakan hasil kerjasaman dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar RI di Manila.

Ada banyak hal yang didapat Mr. Phoe dari perjalanan panjangnya ini. Namun yang paling berkesan adalah kesempatan bertemu dengan para pejuang pendidikan luar biasa dari seluruh penjuru Tanah Air dan mendengar cerita tentang warna-warni perjuangan pendidikan di Indonesia.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. SUPRIADI WIDODO, M.Pd

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Salam sejahtera dan tetap semangat. Selamat datang di website SMAN 1 Widodaren Sebagai media informasi dan komunikasi…

Selengkapnya

KATEGORI